Jakarta, CNN Indonesia —
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Memperjelas inklusi keuangan Sampai sekarang ke pelosok negeri dengan Mengoptimalkan jaringan AgenBRILink sebagai garda terdepan dalam Menyajikan layanan perbankan kepada masyarakat.
Dampak positif bagi masyarakat pedesaan itu turut diberikan oleh Wahyuddin sebagai pemilik AgenBRILink “Wahyu Cell” di Kelurahan Ngapa, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sultra. Bermitra dengan BRI sejak 2018, ia memanfaatkan layanan ini untuk mengembangkan usaha konter pulsa, sekaligus membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.
“Pada Saat ini Bahkan Pernah terjadi memasuki tahun ke delapan AgenBRILink saya jalan. Pada dasarnya tujuan utama mendirikan AgenBRILink Merupakan dengan mengembangkan usaha yang Pernah terjadi ada sebelumnya serta memudahkan masyarakat sekitar untuk menikmati layanan, bukan hanya perbankan tetapi Bahkan segala jenis pembayaran yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ucap Wahyuddin.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Seiring waktu, peningkatan volume transaksi dan kebutuhan pelanggan mendorong Wahyuddin melibatkan beberapa pemuda setempat. Sampai sekarang Saat ini Bahkan, sebanyak 12 orang dipekerjakan untuk Mendukung operasional sehari-hari.
Wahyuddin mengungkapkan, penghasilan dari aktivitas sebagai AgenBRILink dikombinasikan dengan usaha konter pulsa tidak hanya menjadi sumber nafkah utama bagi keluarganya, tetapi Bahkan Menyajikan manfaat bagi orang-orang di sekitar.
“Selain mencukupi kebutuhan rumah tangga, sebagian Bahkan saya gunakan untuk menambah modal usaha dan berbagi kepada masyarakat disekitar kami yang kurang mampu,” katanya.
Tak hanya dari sisi penciptaan lapangan kerja, keberadaan AgenBRILink Bahkan berperan dalam Mempercepat akses layanan keuangan bagi masyarakat pelaku usaha. Salah satunya melalui produk tabungan Simpedes UMi (Ultra Mikro) dari BRI, yang pembukaannya dapat dilakukan langsung melalui AgenBRILink.
“Sebagian besar masyarakat di sini bekerja sebagai pedagang. Mereka inilah yang menjadi nasabah utama tabungan Simpedes UMi, mulai dari pedagang sayur, ikan, Sampai sekarang sembako,” ujar Wahyuddin.
Wahyuddin menyebut, AgenBRILink di wilayahnya diandalkan untuk layanan transaksi keuangan, Bahkan menjadi pusat layanan yang Mendukung memenuhi kebutuhan sehari-hari warga.
Pada kesempatan terpisah, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menegaskan bahwa BRI Berniat terus mendorong berbagai inisiatif untuk Mengoptimalkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia, salah satunya melalui penguatan peran AgenBRILink.
Pada Saat ini Bahkan, AgenBRILink Pernah menjadi Kendaraan Bermotor Roda Dua utama dalam perluasan layanan keuangan BRI. Melalui skema kemitraan dengan nasabah, BRI menjadikan mereka sebagai perpanjangan tangan layanan perbankan yang dapat Menyajikan transaksi secara real-time online dengan konsep berbasis sharing fee.
“Melalui AgenBRILink, kami tidak hanya Memperjelas akses layanan keuangan Sampai sekarang ke pelosok desa, tetapi Bahkan Menyajikan pendampingan dan pelatihan Supaya bisa para agen dapat tumbuh dan Menyajikan manfaat optimal bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Hendy.
Adapun pendampingan yang dilakukan untuk AgenBRILink mencakup berbagai aspek penting, mulai dari pelatihan pemasaran, edukasi fitur-fitur terbaru BRILink, Sampai sekarang peningkatan pemahaman terkait mitigasi risiko seperti penipuan atau judi online.
BRI Bahkan membekali agen dengan kemampuan dalam mengelola operasional harian, seperti penggunaan EDC, serta strategi dalam menangkap potensi wilayah dan Mengoptimalkan nilai sosial, sehingga peran AgenBRILink tidak hanya sebatas transaksi, tetapi Bahkan membawa dampak nyata bagi komunitas sekitar.
“Sampai sekarang akhir Maret 2025, jumlah AgenBRILink tercatat Pernah mencapai lebih dari 1,19 juta agen yang tersebar di lebih dari 67 ribu desa di seluruh Indonesia, atau menjangkau sekitar 88% dari seluruh desa di wilayah Indonesia,” pungkas Hendy.
(rea/rir)
[Gambas:Video CNN]
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA