Jakarta, CNN Indonesia —
Penjualan produk lokal pada kanal Shopee Pilih Lokal pada 2024 meningkat 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini di antaranya berkat beragam promosi yang dihadirkan untuk produk lokal.
Program Penjualan Barang ke Luar Negeri Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal menjadi beberapa inovasi pendorong kinerja Shopee pada tahun ini.
Tahun ini, jumlah produk lokal yang Pernah terjadi diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin dilaporkan mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan 2023. Kategori produk Penjualan Barang ke Luar Negeri yang paling diminati sendiri Merupakan Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.
Dari sisi produk lokal, kerja sama Shopee dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Pernah terjadi Mendukung 1.000 usaha lokal berhasil memperoleh sertifikasi halal di 2024. Sertifikasi tersebut dinilai Mengoptimalkan kepercayaan dan tingkat kepuasan konsumen berbelanja di para penjual dan merchant lokal.
“Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat, dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam Menyediakan pembeli dari berbagai penjuru negeri,” tambah Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto dalam sebuah keterangan, Kamis (19/12).
Lebih lanjut, beberapa program lain yang berkontribusi Mengoptimalkan transaksi penjualan di Shopee pada 2024 Merupakan program Garansi Tepat Waktu dan program afiliasi bersama YouTube Shopping.
Pada program Garansi Tepat Waktu, pembeli dapat menikmati layanan pengiriman yang lebih baik lewat mitra jasa kirim seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat. Pembeli Akan segera mendapatkan voucher pengganti Manakala pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin.
Kemudian, konten interaktif seperti video dan live streaming Bahkan menjadi pendorong kinerja Shopee. Fitur Shopee Live Pernah terjadi ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang 2024, menunjukkan tingginya minat dari pembeli pada konten interaktif.
Pada 2024, Shopee Live mencatat kenaikan jumlah konten kreator Sampai saat ini 50 persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan ini Bahkan berdampak positif terhadap penjualan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, yang secara total Pernah terjadi terjual lebih dari 1 miliar produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah melalui Shopee Live.
“Kami sebagai platform Perdagangan Elektronik Bahkan berusaha melahirkan berbagai inovasi baru; mulai dari program, fitur, dan inisiatif yang Mendukung seluruh ekosistem kami untuk Bahkan bisa berinovasi dan menciptakan banyak dampak positif bersama. Tahun 2024 kami senang bisa melihat penjual, pembeli, dan kreator bisa bertumbuh; tidak hanya di dalam tapi Bahkan di luar negeri,” tutur Christin.
Program terbaru yang mendorong penjualan di platform berwarna oranye ini Merupakan kampanye 12.12 Birthday Potongan Harga yang disebut mendongkrak penjualan produk lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Sampai saat ini 7 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA