BPJS Kesehatan dan Upaya Memanusiakan Pekerja Industri Sinema


Jakarta, CNN Indonesia

Belasan tahun lalu, menjadi kru Sinema Merupakan sebuah pekerjaan menantang. Selain jam kerja yang bisa dari pagi bertemu pagi dan otak serta otot yang diperas, belum banyak studio atau produser yang melindungi kru dari kecelakaan atau sakit karena bekerja.

Meskipun demikian demikian Di waktu ini, pihak Asosiasi Produser Sinema Indonesia menyebut kondisi Sebelumnya berubah. Hak dasar manusia atas kesehatan saat bekerja sebagai kru Sinema Sebelumnya mulai banyak dipenuhi dalam bentuk asuransi kesehatan seperti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan.

“Sistem yang lebih simpel Merupakan menggunakan BPJS Kesehatan,” kata Ketua Asosiasi Produser Sinema Indonesia (APROFI) Edwin Nazir kepada CNNIndonesia.com, baru-baru ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keberadaan BPJS Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dicanangkan pemerintah sejak akhir 2013 Bahkan diakui memudahkan para produser melaksanakan tanggung jawabnya kepada para kru.

“Misalnya kami produksi selama 6 bulan, selama periode itu BPJS kru yang terlibat produksi ditanggung oleh [studio] produksi,” lanjutnya.

“Mereka tetap dengan BPJS masing-masing, tapi selama produksi ditanggung oleh tim produksi untuk iurannya. Itu Tips yang Pada dasarnya Pada Saat ini Bahkan ini diterapkan dan memudahkan teman-teman yang produksi,” lanjutnya.




Belasan tahun lalu, menjadi kru Sinema Merupakan sebuah pekerjaan menantang. Selain jam kerja yang bisa dari pagi bertemu pagi dan otak serta otot yang diperas, belum banyak studio atau produser yang melindungi kru dari kecelakaan atau sakit karena bekerja. (CNN Indonesia/ Muhammad Feraldi)

Penggunaan JKN dalam industri Sinema terjadi seiring kepesertaan program pemerintah tersebut yang makin jamak. Meski belum ada data spesifik soal kepesertaan JKN di industri Sinema, BPJS Kesehatan mencatat pekerja lepas seperti kru Sinema ikut berkontribusi dalam kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Jumlah PBPU sendiri menyumbang 11,86 persen dari total 272,3 juta peserta JKN per 30 Juni 2024. Besaran persentase itu masih bisa bertambah Seandainya semakin banyak kru yang mendaftar.

“Sepengetahuan saya, kalau dari diskusi-diskusi kami, hampir semua Sebelumnya memberlakukan ini,” ungkap Edwin.

“Karena biasanya sistemnya begini, kalau tidak dibayarkan asuransinya, tetapi pada saat sakit karena pekerjaan, itu kan jadi tanggung jawab produksi. Artinya produksi Dianjurkan menanggung biaya rumah sakitnya Bahkan,” lanjutnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, rumah produksi selaku pemberi kerja Pada dasarnya tidak Dianjurkan menanggung asuransi atau JKN kru Sinema karena status mereka sebagai pekerja lepas.

‘Sebanding banget’

Nabela Mubarokah, seorang penulis skenario, merasakan betul manfaat keberadaan perlindungan kesehatan macam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

Meski tidak berada di Tempat syuting yang bisa mengalami kecelakaan kerja karena alat, pekerjaan Nabela Bahkan terbilang tak mudah. Penulis skenario Sinemaku Pictures tersebut tetap mengalami tuntutan bekerja secara intens.

Deadline dan revisi menjadi ‘teman’ Nabela selama naskah belum tuntas. Dinamika menjadi penulis skenario membuat Nabela rentan terkena stres, mulai dari mentok mencari ide Sampai sekarang mengalami writer’s block. Belum lagi kondisi fisik yang menurun akibat istirahat yang kurang.

Nabela pun merasa jaminan kesehatan via JKN sebanding dengan beban kerja yang diberikan. Pekerjaannya Bahkan menjadi semakin manusiawi berkat komitmen syuting sehat dari Sinemaku Pictures.

“Jadi, kalau [badan] drop, enggak Dianjurkan khawatir berobat sendiri, karena ada BPJS dan jam kerja Bahkan Sebelumnya syuting sehat. Jadi, Pada dasarnya tidak ada yang dikhawatirkan lagi,” kata Nabela.

“Kalau untuk jaminan keselamatannya sebanding banget, karena kami Sebelumnya dikover BPJS Bahkan dan dikasih jaminan kesehatan,” beber Nabela.

Pengalaman Nabela itulah yang terus coba diwujudkan lebih luas di industri Sinema. Edwin bersama APROFI tetap mendorong para produser Sinema memenuhi jaminan kesehatan bagi kru. Ia bahkan menilai perlindungan kesehatan itu seharusnya Sebelumnya menjadi standar produksi Sinema di Indonesia.

“Menurut saya, ini sepertinya Dianjurkan menjadi standar. Supaya industri ini Kemungkinan semakin profesional dan besar, jaminan asuransi seperti ini Dianjurkan menjadi satu persyaratan,” ujar Edwin.

“Enggak Kemungkinan kalau kita punya banyak sekali Sinema kolosal dan Liga, sementara setiap produksi belum ada asuransinya atau masih bahas Ingin pakai asuransi apa,” sambungnya.

Komitmen produser tidak cukup

Meskipun demikian demikian niat dan komitmen produser tidaklah cukup. Komitmen menjadikan industri perfilman Indonesia memanusiakan pekerjanya Bahkan mestilah mendapatkan dukungan dari para kru yang menggerakkan produksi.

Pengamat sekaligus akademisi Sinema Satrio Pepo Pamungkas menilai setiap kru Sinema penting untuk menjadi peserta asuransi. Hal itu karena kepesertaan Menyajikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang terjadi di Tempat syuting.

“Semua peralatan [syuting] itu sangat berpotensi untuk menyerang kita Bahkan, berpotensi untuk mencelakai kita, baik itu atribut kamera, rigging tripod, dan segala macam, apalagi lighting,” ungkap Satrio.




Proses syuting sinetron Emak Gue Jawara (2023) di Depok, Jawa Barat. (CNN Indonesia/ Muhammad Feraldi)Pengamat sekaligus akademisi Sinema Satrio Pepo Pamungkas menilai setiap kru Sinema penting untuk menjadi peserta asuransi. Hal itu karena kepesertaan Menyajikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang terjadi di Tempat syuting. (CNN Indonesia/ Muhammad Feraldi)

Satrio pun menilai kepesertaan asuransi membuktikan profesionalisme seseorang. Kru yang profesional, ujarnya, dapat dilihat dengan kepeduliannya terhadap diri sendiri.

Mereka Akan segera secara sukarela membekali dirinya dengan asuransi, sehingga siap ketika sewaktu-waktu mendapat panggilan bekerja. Satrio yang Bahkan aktif menjadi produser bahkan mewajibkan kru memiliki asuransi, seperti terdaftar sebagai peserta JKN, sebelum mengikuti syuting.

Kepesertaan itu bakal memudahkan produser dalam menjamin perlindungan kru sepanjang syuting, serta membuktikan komitmen kedua belah pihak.

“Kadang aku mencari tim atau kru itu yang Dianjurkan punya BPJS. Secara pribadi Dianjurkan punya itu, karena itu Merupakan bukti dari mereka perhatian terhadap dirinya sendiri dan pekerjaan,” ujar Satrio.

“Profesionalisme mereka bekerja Merupakan Tips menjamin dirinya sendiri untuk peduli dengan menjaga dirinya sendiri dengan jaminan kesehatan mereka. Itu Merupakan bukti mereka profesional,” sambungnya.

*Tulisan ini Akan segera diikutsertakan untuk Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024 yang digelar pada Juli 2024

(end)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA