Bisnis  

Tips Daftar PBJT Jasa Parkir di Situs PajakOnline


Jakarta, CNN Indonesia

Manakala membawa kendaraan pribadi ke tempat umum, maka pemilik kendaraan Berniat membutuhkan tempat parkir yang Terbaik dari tindak pencurian, Bahkan tidak mengganggu fasilitas publik. Di sini, usaha jasa parkir menjadi kebutuhan.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI menyatakan jasa parkir Merupakan jasa penyedia atau penyelenggara tempat parkir di luar badan jalan dan/atau pelayanan memarkirkan kendaraan untuk ditempatkan di area parkir, baik oleh pokok usaha maupun yang disediakan sebagai suatu usaha. Dalam hal ini, termasuk penyediaan tempat penitipan Kendaraan Bermotor.

Kepala Pusat Data dan Informasi Pendapatan Bapenda Jakarta, Morris Danny menjelaskan, Jasa Parkir termasuk dalam jenis Retribusi Negara Barang dan Jasa Tertentu (PBJT), Disebut juga Retribusi Negara yang dibayarkan oleh konsumen akhir atas konsumsi barang dan/atau jasa tertentu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Barang dan Jasa Tertentu Merupakan barang dan jasa tertentu yang dijual dan/atau diserahkan kepada konsumen akhir. Untuk Mempercepat proses pendaftaran objek Retribusi Negara PBJT Jasa Parkir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Menyajikan layanan online melalui sistem pajakonline.jakarta.go.id,” kata Morris.

Melalui layanan Retribusi Negara online, pemilik kendaraan tak Dianjurkan datang langsung ke kantor Retribusi Negara untuk mendaftarkan kendaraannya sebagai objek Retribusi Negara. Proses tersebut bisa dilakukan secara Unggul dari mana saja, dan kapan saja.


Berikut Merupakan runtutan langkah dalam mendaftarkan objek PBJT Jasa Parkir:

1. Masuk ke laman pajakonline.jakarta.go.id

2. Klik tombol “Masuk” , gunakan email dan password yang Pernah terdaftar lalu klik kotak “I’m Not A Robot”, lalu klik “Masuk”.

3. Klik menu “Jenis Retribusi Negara” yang ada di pojok kiri bawah, lalu klik opsi “PBJT Jasa Parkir”.

4. Selanjutnya baca pengumumannya dan klik “Ya, Saya Mengerti” kemudian klik opsi “Pelayanan”.

5. Pilih “Tambah Permohonan Pelayanan” pada pojok kanan atas, maka formulir tambah permohonan pelayanan Berniat ditampilkan.

6. Pada kategori jenis pelayanan pilih “Pendaftaran Objek Baru”. Untuk kategori jenis sub pelayanan pilih “Pendaftaran Objek Baru” kemudian klik “Unduh Template”.

7. Setelah terunduh, template Berniat tampil. Anda hanya Dianjurkan mengisi Data Objek Retribusi Negara, Data Harus Retribusi Negara, Data Usaha dengan sebenar-benarnya.

8. Lalu, isi data keterangan lain-lain. Setelah seluruh data terisi, isi Tanda Tangan dan pastikan data Pernah terisi lengkap.

9. Bila Pernah terjadi terisi, simpan dengan klik “File”, klik “Save As”, ubah format menjadi “PDF”, kemudian klik “Save”.

10. Kembali pada laman permohonan pelayanan Retribusi Negara online. Terakhir, isi identitas Harus Retribusi Negara dan data objek Retribusi Negara sesuai dengan data Pada dasarnya. Setelah selesai mengisi, masukan data pendukung dengan file PDF sesuai jenis data pendukung yang diminta.

11. Bila Pernah terjadi, centang pernyataan “Saya Setuju dengan Pernyataan di Atas”, lalu klik “Simpan”.

Morris mengingatkan, sangat penting untuk mengikuti prosedur perpajakan dengan benar. Tak hanya memenuhi kewajiban hukum, hal itu Bahkan berarti menjaga kredibilitas dan keberlanjutan usaha yang dimiliki, khususnya bagi konsumen dan pemerintah.

Sampai saat ini Pada Saat ini Bahkan, pemerintah ditegaskan terus berupaya Menggelar sistem yang efisien dengan prosedur sederhana, diikuti optimalisasi pelayanan bagi Harus Retribusi Negara. Salah satunya, dengan menghadirkan layanan Retribusi Negara online yang Unggul.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA