Bisnis  

BRI Terima Penghargaan CSR untuk Negeri di Ajang Merdeka Award 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Beragam program pemberdayaan yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) menerima penghargaan Merdeka Award 2024 pada Kategori CSR untuk Negeri yang diselenggarakan Merdeka.com di Jakarta pada Kamis (19/9).

Salah satu program unggulan BRI itu Merupakan Program BRInita (BRI Bertani di Kota), yang memberdayakan perempuan melalui ekosistem urban farming yang berkelanjutan di kawasan perkotaan padat penduduk.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, Program BRINita memiliki nilai sosial, ekonomi, dan lingkungan. Sekarang, program tersebut dijalankan di 21 Tempat di Indonesia dengan pengelolaan yang dilakukan oleh kelompok usaha wanita,


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sasaran dari program ini Merupakan Tempat padat penduduk dan pemukiman kumuh yang memiliki penggiat lingkungan setempat yang merupakan anggota kelompok (Kelompok Wanita Tani atau PKK). Program BRINita tidak hanya membangun sarana fisik saja, melainkan Bahkan terdapat pelatihan berkelanjutan yang diharapkan untuk menjaga kelestarian tanaman dan kelangsungan hidup ekosistem sekitar,” kata Catur.

Dalam pelaksanaan Program BRinita, BRI Bahkan Menggelar pembinaan bagi anggota kelompok atau penerima manfaat berupa pelatihan pengelolaan urban farming, berkolaborasi dengan tenaga ahli dan instansi terkait.





Program BRInita (BRI Bertani di Kota) memberdayakan perempuan melalui ekosistem urban farming yang berkelanjutan di kawasan perkotaan padat penduduk. (Foto: BRI)

Apalagi, lanjut Catur, BRI Bahkan tetap memantau kelanjutan kegiatan urban farming dan turut mengembangkan hasil urban farming untuk menambah nilai ekonomis seperti penjualan, pengelolaan, pengemasan dan pemasaran.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mereduksi polusi lingkungan, menambah keasrian, serta mengurangi sampah rumah tangga. Di sisi lain, hal ini sekaligus Bahkan menjadi perwujudan kontribusi positif masyarakat bagi keseimbangan lingkungan,” ujar Catur.

Sejak diluncurkan pada 2022, program BRINita Sebelumnya menjalankan 49 kali pelatihan bagi penerima manfaat, mencakup pelatihan budidaya hidroponik, perawatan tanaman hias, pembuatan Eco Enzyme, Sampai saat ini pencegahan dan pengendalian hama tanaman, serta pemakaian alat-alat sistem hidroponik.

Program BRInita Bahkan tercatat melibatkan 615 jiwa, terdiri dari kelompok usaha wanita atau PKK dengan keberhasilan melakukan panen sebanyak 348 kg perikanan seperti ikan lele dan nila mujaer.

Program yang sama Sebelumnya menghasilkan 3.982 kg pupuk organik cair vegetatif dan kompos, 80 kg maggot atau ulat Black Soldier Fly (BSF) hasil budidaya anggota kelompok, serta 112 jenis tanaman Resep-obatan keluarga seperti kencur, jahe dan lengkuas.

Merdeka Award 2024 Merupakan ajang pemberian penghargaan kepada individu, institusi dan perusahaan atas kontribusi bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Adapun penghargaan CSR untuk Negeri diberikan kepada perusahaan yang berperan aktif dalam pemberdayaan publik dan lingkungan sosial melalui berbagai program seperti green community, pengolahan sampah dan limbah dan lain-lain.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA