Bisnis  

Kisah Berhasil Sunaie, Agen BRILink Mitra UMi Asal Sumenep


Jakarta, CNN Indonesia

Sunaie, pedagang toko kelontongan dari Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep berbagi kisah Berhasil menjadi AgenBRILink sekaligus mita UMi yang Mendukung orang-orang sekitarnya terlepas dari masalah keuangan.

Kisah itu berawal dari Sunaie yang Bahkan nasabah pinjaman BRI ini terkendala pendanaan menjalankan dua usaha toko kelontongan. Hal itu karena salah satu tokonya Setiap Saat merugi.

“Di tempat lain, toko kelontongnya semakin lama semakin untung, tetapi di tempat saya justru bisa tidak balik modal. Sebab, banyak orang yang datang ke sini dengan tujuan untuk berhutang. Meski begitu, saya tetap ikhlas untuk Mendukung mereka,” kata Sunaie dikutip Senin (2/9).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, pada Desember 2022 ia kembali berniat meminjam uang. Beruntungnya, saat itu ada seorang Mantri BRI yang Menyajikan untuk menjadi AgenBRILink.

Adanya tawaran menarik tersebut tentunya Ia sambut dengan senang hati. Apalagi karena Ia berharap bisa Mendukung para pengunjung toko kelontongnya dengan layanan-layanan keuangan yang Ekonomis dan mudah.

Benar saja, di awal menjadi AgenBRILink, dalam sehari ada banyak orang yang melakukan berbagai transaksi. Antara lain, mulai dari mengirim uang, menarik uang, membeli pulsa, Sampai sekarang melakukan top up e-wallet.

Bahkan, Sunaie mengatakan bahwa per harinya Ia bisa Menyediakan Sampai sekarang 20 orang Bila Pada saat ini Bahkan sedang ramai dan sedikitnya berjumlah 10-12 transaksi.

Dengan target yang Setiap Saat terpenuhi selama menjadi AgenBRILink, Pada akhirnya Sunaie mendapatkan tawaran untuk untuk menjadi mitra Umi (Ultra Mikro).

“Saya diangkat jadi mitra Umi pada Januari 2023. Setiap ada debitur-debitur yang mengembalikan pinjaman dana di tempat saya, itu biasanya langsung saya setor ke BRI. Tidak ada keterlambatan sama sekali dalam penyetorannya,” ujarnya.




Sunaie, pedagang toko kelontongan dari Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Berhasil menjadi AgenBRILink sekaligus mitra UMi. (Foto: Arsip BRI).

Selama menjadi mitra UMi, para debitur yang ingin mengajukan pinjaman biasanya Nanti akan langsung datang menjumpai di toko kelontong miliknya. Para nasabah yang sering meminjam dana di tempatnya Merupakan orang-orang yang Pernah terjadi Ia kenal.

“Kebanyakan yang meminjam dana itu orang-orang di sekitar saya Bahkan. Jadi setelah mereka datang, hari ini atau besoknya langsung saya ajukan pinjaman ke BRI,” ujarnya.

“Awalnya, saya cuma berani beri pinjaman sebanyak Rp5 juta saja per orang. Cuma semakin lama, Pada akhirnya saya berani meminjamkan sebanyak 10 juta per orangnya,” tuturnya.

Diketahui bahwa dari awal Sampai sekarang Pada saat ini Bahkan menjadi mitra Umi, Sunaie Pernah terjadi Menyediakan puluhan orang nasabah dengan total pinjaman mencapai ratusan juta.

“Rata-rata para debitur menggunakan pinjaman UMi Kece untuk menjalankan usaha. Ya, kalau punya usaha ternak kambing, uang pinjamannya biasa dibelikan kambing. Bila misal yang meminjam untuk kebutuhan tani, biasanya uang pinjamannya Nanti akan digunakan untuk membeli pupuk, bibit, dan alat-alat tani pada umumnya,” ucap Sunaie.

Menurut Sunaie, menjadi AgenBRILink dan sekaligus mitra UMi merupakan hal yang sangat ia syukuri. Selain bisa mengangkat perekonomiannya, Ia pun Bahkan dapat Mendukung orang-orang di sekitarnya yang mengalami kesusahan finansial.

Direktur Usaha Mikro BRI Supari menambahkan, keberadaan AgenBRILink diharapkan mampu membangun ekosistem ekonomi mikro, yang salah satunya melalui penyaluran pinjaman melalui Agen Mitra UMi BRILink.

Agen Mitra UMi merupakan agen yang fokus menyalurkan pinjaman ultra mikro ke masyarakat, sehingga diharapkan mampu Menyajikan manfaat bagi seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam hal penyediaan modal usaha.

“Sebaran AgenBRILink tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Nanti akan layanan perbankan serta dapat memaksimalkan peluang Usaha dan membuka usaha,” kata Supari.

(inh)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA